2.26.2009

Resetter Canon iP 1200, 1300, 1600, 1800, 1880, 2200, 2500

Wah ga pengen kan pas kita lagi nge-print terus printer kita ngadat??? Masih untung kalau sekedar tintanya yang habis, masih bisa di-refill kembali. Nah kalau sudah di-refill tapi masih belum bisa juga? Malah ada pesan The waste ink absorber is full. Contact the service center for the replacement of the waste ink absorber.
Ataupun pesan-pesan lain yang menyatakan bahwa penggunaan printer anda sudah penuh (the used ink tank is full). Yang ditandai dengan lampu blink berwarna kuning. Bingung kan jadinya kudu gimana? Jangan khawatir, printer kamu masih bisa digunakan yaitu dengan cara mereset kembali printer tersebut sehingga dia lupa bahwa jumlah pemakaiannya sudah penuh. Penulis pun pernah punya pengalaman seperti itu. Panik juga sih apa lagi pas sudah deket deadline tugas-tugas kuliah.

Tapi om Google selalu baik hati. Penulis jalan-jalan bareng om Google dan Alhamdulillah ketemu solusinya yaitu resetter Canon yang penulis butuhkan untuk kesembuhan printernya. Dan software ini bisa digunakan lebih dari satu macam jenis printer terutama type canon iP. Ini nih tipe Canon yang bisa di-reset: Canon iP 1200, 1300, 1600, 1800, 1880, 2200, 2500.
Ada 2 pilihan untuk mereset printer PIXMA, yaitu:
1. Temporary reset (Reset Sementara): caranya adalah sebagai berikut:
Matikan printer dan lepas kabel power sehingga printer benar-benar tidak beraliran listrik, dalam keadaan ini, buka penutup bagian depan printer dan tekan serta tahan tombol power tersebut bersamaan dengan tombol pause kira-kira dua menit, dalam keadaan sambil menekan tombol power, sambungkan kabel power printer ke colokan listrik sambil menutup pintu printer yang terbuka. Lepaskan penekanan pada tombol power dan printer telah tereset.
2. Permanent Reset (Reset Permanen): caranya adalah dengan menggunakan software yang bisa di downlad pada link di bawah ini: Cara pengoprasiannya pun lumayan mudah, tinggal jalankan tanpa perlu mengisntal, kalau printer anda terdeteksi langsung tertampil, tinggal lakukan operasi yang diperlukan. Misalkan reset black ink, reset color ink, reset main, reset pattern agar kondisi printer kembali seperti semula.

Untuk me-reset menggunakan software anda bisa men-downloadnya di elmarzuqi

Karena saya belum sempat mencoba sendiri software ini untuk semua jenis printer canon yang tertera di atas (maklum cuma Canon iP 1300, iP 1700 dan iP 1880), bagi rekan-rekan yang telah mencoba mohon memberikan komentar seputar penggunaan resetter ini, biar bisa dijadikan info buat yang lainnya (namanya juga share knowledge).

No comments:
Write komentar

Leave your comment

Google+ Followers

PRchecker.info