2.27.2009

Sisi Lain Indahnya Wisata Guci Tegal

Guci merupakan salah satu tujuan wisata utama di daerah Tegal dan sekitarnya. Keindahan panorama, pemandian air panas, hawa sejuk, dan suasana pedesaan dan pegunungan merupakan daya tarik Guci yang bisa memikat ribuan pengunjung tiap tahunnya. Tiap weekend ketika penulis bertandang ke sana, Guci tetap ramai dengan pengunjung dari mulai Sabtu sore hingga Minggu malam. Bahkan disaat libur Idul Fitri, biasanya antrian jalan menuju/dari Guci hampir menyerupai jalan menuju ke Puncak pas long weekend.

Jarak tempuh yang tidak terlalu jauh dan suasana yang asri dan sejuk selalu memanjakan para pengunjung yang hanya ingin sekedar melepas lelah setelah satu minggu beraktifitas. Bisa dengan anggota keluarga dan teman-teman dekat untuk me-refresh pikiran yang jenuh. Dengan membawa tikar dan makanan masakan sendiri akan menambah suasana kebersamaan dan keakraban yang akan selalu terkenang. Atau para muda-mudi yang sekedar ingin curhat dan berbagi kebersamaan dengan kekasih tersayangnya.:)

Membludaknya kunjungan wisata ke Guci berimbas juga dengan membludaknya Pendapatan Asli Dareah (PAD) Kabupaten Tegal, karena Guci merupakan penyumbang PAD terbesar dari sektor wisata. Dampak positif di bidang ekonomi juga dirasakan oleh sebagian penduduk di sekitar obyek wisata tersebut. Tapi kebanyakan mereka bukanlah orang yang paling diuntungkan dengan ramainya Guci. Masyarakat sekitar biasanya hanya jadi pedagang kecil (sayur, manisan, cindramata, makanan, penginapan dll). Ada yang jadi pegawai di villa, jadi tukang parkir, penyewaan kuda dan pekerjaan berpenghasilan kecil lainnya. Sedangkan yang paling banyak diuntungkan dari Objek Wisata ini kebanyakan bukan orang asli daerah tersebut. Yang diuntungkan adalah orang berduit yang mau berinvestasi, seperti pemilik villa, hotel, kolam renang, tempat karaoke dll. Hanya sedikit sekali penduduk sekitar yang rumahnya dijadikan villa kecil-kecilan untuk disewakan, bahkan sebagian penduduk lain harus berjuang keras untuk bisa mendapatkan sedikit uang, seperti anak-anak ini. Beginilah gambaran sisi lain dari Guci, salah satu penyumbang PAD terbesar di bidang wisata tapi belum semua penduduk sekitar menikmati manisnya indahnya Guci.

Bocah penjual jagung bakar

Bocah penjual kembang gula

Bocah tukang ojek payung+tiker

Bocah penjual softdrink

Yaa...mudah-mudahan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal bisa melihat dengan hati nurani agar kesejahteraan masyarakat di sekitar Objek Wisata yang tiap tahunnya menyumbangkan devisa besar, bisa lebih baiuk lagi.

No comments:
Write komentar

Leave your comment

Google+ Followers

PRchecker.info