3.13.2009

Anda Tau Pemilu 2009?

Berdasarkan undang-undang (katanya), Pemilu 2009 yang akan diselenggarakan 9 April 2009 kelak, menggunakan tata cara yang berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya. Dan perbedaan ini nampaknya cukup signfikan. Apakah itu? :? Begini ceritanya ... :)

Selama ini, vote alias memilih, sering juga disinonimkan dengan kata-kata “NYOBLOS”. Karena memang dalam prakteknya, vote yang dilaksanakan dalam Pemilu di Indonesia adalah dengan menyoblos, entah itu nyoblos gambar partai, gambar calon, atau nyoblos nama caleg. Nah, kata-kata 'nyoblos' ini sudah demikian erat melekat di benak masyarakat kita. Sehingga orang yang habis pulang dari Tempat Pemungutan (sampah) Suara (TPS) akan menanyakan ke orang lain dengan pertanyaan “Sudah nyoblos belum?”,:) jarang banget yang bertanya “Sudah milih belum?”. :) Bener kan??? Hayo ngaku ... :)

Nah, ternyata di undang-undang yang baru, dalam Pemilu 2009 yang akan datang kita tidak akan lagi melakukan PENYOBLOSAN, akan tetapi yang kita lakukan adalah PILIHAN. Bukan 'nyoblos' pakai paku, tapi 'men-centang' pakai spidol/pulpen. Nah, yang menariknya lagi, katanya kalau kartu suara dicoblos, suaranya bakalan dianggap tidak sah. Wah ... seru kan? :)

Dari sini saja sudah terlihat, potensi golput saja sudah sedemikian besar, ditambahi dengan kemungkinan terjadinya kesalahan “gaya” pemilihan, dari yang seharusnya 'nyentang' pake pulpen, malah keliru 'mencoblos' pakai pulpen tersebut (dikira dicblos kali yah).:) Pada akhirnya, menurut penulis, hal tersebut bakalan menyebabkan banyak sekali suara yang tidak sah. Karea tidak mudah memberi pendidikan kepada masyarakat kita yang sudah terbiasa puluhan tahun memilih dengan me-"nyoblos", ganti dengan muae-"nyentang". Khususnya bagi pemilih kawakan (yang kebanyakan orang-orang tua) akan sedikit mengalami ke-"bingung"-an saat memasuki bilik TPS. Kecuali mungkin kepada pemilih pemula/muda yang mudah diberikan gaya baru memilih ini karena belum atau tidak begitu lama memilih dengan cara me-"nyoblos".

Jadi, kalau anda masih bingung mencari mana partai yang bersih, mana partai yang memiliki kepedulian terhadap masyarakat, dan mana partai yang diisi orang-orang yang profesional, berikanlah pendidikan tentang pemilu dengan benar. Khususnya para caleg yang akan bertarung dalam pentas Pemilu 2009 ini agar tidak hanya mencari popularitas semata, tetapi harus ikut andil dalam mensukseskan hajat besar bangsa ini. Yaitu dengan memberikan pendidikan (pemahaman) tentang Pemilu yang sebentar lagi akan dilaksanakan agar terwujud Pemilu yang damai. Asyik kan??? :)

Mari kita sukseskan Pemilu Damai 2009.

1 comment:
Write komentar
  1. BANYAK PARTAI BIKIN BINGUNG

    Sudah menjadi pedoman hatiku, bahwa dalam pemilihan umum 2009 kita harus menentukan pilihan secara bijaksana. Tapi semua partai peserta pemilu, tiada kupandang tinggi, semua sama tak sapun mendapat keistimewaan.

    Karena bingung, aku membuat suatu undian. Di atas sekelumit kertas kutulis nama-nama partai. Akhirnya kertas itu kugulung sama serta kumasukkan dalam sebuah kotak kosong, yang kemudian kugoncang-goncangkan.

    Dengan mata terpejam kuambil sebuah diantara gulungan-gulungan kertas itu. Ketika gulungan itu sudah kukembangakan, kubuka mataku secara perlahan-lahan. Jantungku turut berdebar keras, Ketika salah seorang di antaranya memperoleh kemenangan.

    Ketahuailah… bahwa yang berhasil memperoleh kemenangan adalah……………………………

    inilah gambaran bimbang masyarakat, apa yang dijanjikan partai politik tak jua mencapai biduk kebahagiaan.

    sumber:http://asyiknyaduniakita.blogspot.com/

    ReplyDelete

Leave your comment

Google+ Followers

PRchecker.info