Anda Tau Pemilu 2009? - Long Life Education

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Friday, March 13, 2009

Anda Tau Pemilu 2009?

Berdasarkan undang-undang (katanya), Pemilu 2009 yang akan diselenggarakan 9 April 2009 kelak, menggunakan tata cara yang berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya. Dan perbedaan ini nampaknya cukup signfikan. Apakah itu? :? Begini ceritanya ... :)

Selama ini, vote alias memilih, sering juga disinonimkan dengan kata-kata “NYOBLOS”. Karena memang dalam prakteknya, vote yang dilaksanakan dalam Pemilu di Indonesia adalah dengan menyoblos, entah itu nyoblos gambar partai, gambar calon, atau nyoblos nama caleg. Nah, kata-kata 'nyoblos' ini sudah demikian erat melekat di benak masyarakat kita. Sehingga orang yang habis pulang dari Tempat Pemungutan (sampah) Suara (TPS) akan menanyakan ke orang lain dengan pertanyaan “Sudah nyoblos belum?”,:) jarang banget yang bertanya “Sudah milih belum?”. :) Bener kan??? Hayo ngaku ... :)

Nah, ternyata di undang-undang yang baru, dalam Pemilu 2009 yang akan datang kita tidak akan lagi melakukan PENYOBLOSAN, akan tetapi yang kita lakukan adalah PILIHAN. Bukan 'nyoblos' pakai paku, tapi 'men-centang' pakai spidol/pulpen. Nah, yang menariknya lagi, katanya kalau kartu suara dicoblos, suaranya bakalan dianggap tidak sah. Wah ... seru kan? :)

Dari sini saja sudah terlihat, potensi golput saja sudah sedemikian besar, ditambahi dengan kemungkinan terjadinya kesalahan “gaya” pemilihan, dari yang seharusnya 'nyentang' pake pulpen, malah keliru 'mencoblos' pakai pulpen tersebut (dikira dicblos kali yah).:) Pada akhirnya, menurut penulis, hal tersebut bakalan menyebabkan banyak sekali suara yang tidak sah. Karea tidak mudah memberi pendidikan kepada masyarakat kita yang sudah terbiasa puluhan tahun memilih dengan me-"nyoblos", ganti dengan muae-"nyentang". Khususnya bagi pemilih kawakan (yang kebanyakan orang-orang tua) akan sedikit mengalami ke-"bingung"-an saat memasuki bilik TPS. Kecuali mungkin kepada pemilih pemula/muda yang mudah diberikan gaya baru memilih ini karena belum atau tidak begitu lama memilih dengan cara me-"nyoblos".

Jadi, kalau anda masih bingung mencari mana partai yang bersih, mana partai yang memiliki kepedulian terhadap masyarakat, dan mana partai yang diisi orang-orang yang profesional, berikanlah pendidikan tentang pemilu dengan benar. Khususnya para caleg yang akan bertarung dalam pentas Pemilu 2009 ini agar tidak hanya mencari popularitas semata, tetapi harus ikut andil dalam mensukseskan hajat besar bangsa ini. Yaitu dengan memberikan pendidikan (pemahaman) tentang Pemilu yang sebentar lagi akan dilaksanakan agar terwujud Pemilu yang damai. Asyik kan??? :)

Mari kita sukseskan Pemilu Damai 2009.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih jika Anda bersedia memberikan komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here