3.07.2009

Ponari Sweat or Pocari Sweat?

Pertama kali saya melihat gambar di samping spontan saya ketawa. :) Bagaimana jadinya jika air dari resapan batu Ponari dijual dan dikomersilkan dan tentunya juga dipatenkan serta diekspor. :) Tapi sekarang dijombang air batu ponari sudah dijual belikan. Bukan sweat (keringat) Ponari lho. Tapi air dari celupan batu ‘ajaib’ Ponari.

Kenapa tidak dari dulu saja air batu ponari dijual sehingga tidak terjadi antrian panjang (orang-orang yang percaya dengan batu ajaib Ponari) di sekitar lingkungan Ponari tinggal (Jombang). Dan juga tidak ada korban yang muncul akibat antrian panjang ratusan meter.

Fenomena khasiat air dukun cilik Ponari telah membius berjuta orang. Bahkan mereka rela ngantri berdesak-desakan, berhari-hari, dari daerah asal yang nun juauhhh di sana. Bahkan ada korban jiwa sampai akhirnya praktek dukun cilik Ponari harus dihentikan polisi. Ponari dengan "batu saktinya" konon mampu mengobati berbagai macam penyakit yang bagi penulis sendiri masih perlu dibuktiin lebih lanjut agar masyarakat yang percaya akan hal itu jelas dan melek mata. Supaya tahu apa bener air tersebut bisa nyembuhin segala macam penyakit??? Karena ada pemberitaan di media televisi ada anak yang setelah minum air celupan batu ‘ajaib’ Ponari, penyakitnya tak kunjung sembuh, malahan semakin bertambah.

Jadi masyarakat harus lebih jeli dan rasional dalam menghadapi fenomena Ponari ini. Sebagai masyarakat Muslim kita harus percaya bahwa apapun usaha kita, kepada siapa pun kita berobat, kalau Allah belum memberi kesembuhan ya tidak akan sembuh kecuali atas izinnya. Agar kita tidak terjebak dalam kemusyrikan yang tidak kita sadari. Semoga Allah menuntun kita ke jalan yang lurus.

Ngomongin soal Ponari, ternyata kehebohannya tidak hanya diketahui di Jombang ataupun di Indonesia, ternyata ‘kesaktian’ Ponari sampai ke negeri Jiran Malaysia, kebetulan teman yang kuliah di Malaysia memberitahu bahwa Ponari cukup menghebohkan di sana dan menjadi berita utama di media massa dan media elektronik di Malingsia (red. Malaysia).

Ponari Sweat made in Jombang.

2 comments:
Write komentar
  1. hm kenapa banyak dari anak bangsa kita yang percaya dengan hal klenik seperti itu tanpa memandang hal yang rasional. Tapi bila menyikapinya dengan bijak, kesehatan di neeri ini memang mahal. zain

    ReplyDelete
  2. Bner bngt mas Zain. Smua itu imbas dri mhalnya biaya kesehatan, mudhan pemerintah bsa mngerti knpa fnomena sprti ini srg muncul di negeri kita :?

    ReplyDelete

Leave your comment

Google+ Followers

PRchecker.info