Aku dan Blog ku - Long Life Education

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Saturday, April 18, 2009

Aku dan Blog ku

Penghujung akhir tahun 2007 adalah permulaan bagi aku mengenal BLOG. Sebuah kata sekaligus hal yang masih asing untuk diriku kala itu. Sedikit berbeda dengan empat tahun sebelumnya karena ada tambahan ilmu dan perbendaharaan kosa kata, yakni BLOG. Meskipun sudah mengenal internet semenjak menginjak bangku kuliah di salah satu Perguruan Tinggi di Ciputat, aku tidak begitu memperhatikan apa itu BLOG. Saat mencari tugas-tugas kuliah, yang saya tahu adalah ketika mencari materi atau permasalahan yang diinginkan, aku hanya membuka lewat Search Engine Google. Aku tidak pernah memperhatikan bahwa Google memberikan ratusan alamat situs atau BLOG dengan keyword yang kita ketikkan dalam kotak pencarian. Yang aku tahu dan aku sukai adalah alamat url situs atau BLOG tersebut memberikan informasi yang relevan dengan materi yang sedang aku cari. Setelah puas dengan materi tugas yang dikehendaki hal selanjutnya yang dikerjakan adalah menutupnya dan begitu seterusnya sampai selesai menempuh pendidikan Strata satuku pada jurusan Bahasa dan Sastra Inggris UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Awal tahun 2008 adalah masa perburuan pengetahuan untuk berkelana di belantara jagad maya lewat BLOG. Permulaan yang menarik nan indah pertama kali aku mengenal BLOG. Saat jalan-jalan ke sebuah toko buku – salah satu kebiasaanku dari Madrasah Aliyah untuk selalu mengunjungi toko buku di manapun aku berada ketika berkunjung di suatu daerah – aku menemukan sebuah buku yang berjudul Membuat BLOG dengan Blogspot: Untuk Pemula, karangan mas Ridwan Sanjaya. Dengan membaca resensi di sampul buku aku sedikit tertarik dengan isi dan langkah-langkah yang diberikan.

Banyak hal yang baru aku temukan dalam kamus internet diri saya ketika membaca buku tersebut. BLOG adalah sebuah kata yang bisa aku mengerti setelah membaca penjelasan dari buku yang aku beli. Sepulang dari toko buku antusiasme-ku untuk mempelajari BLOG semakin menggebu. Ibarat api sedang ditiup angin kencang sehingga melahap seluruh kayu bakar yang ada. Hiperbola banget yach? :) :) Yah dengan semangat dan rasa ingin tahu aku baca dengan menghayati lebih dalam makna yang tersirat dan tersurat. (Wah kaya belajar ilmu Tafsir nih :) ). Finally, dengan sistem Learning by Doing aku mengajaknya (buku itu) untuk mampir ke WARNET. (Maklum gak punya internet sendiri). Lembar demi lembar dari penjelasan buku tersebut saya praktekkan dengan seksama agar tidak terjadi kesalahan. (Memang kebiasaanku sejak dulu untuk belajar secara otodidak). Alhasil, terciptalah BLOG-ku ini yang jelek, gak konsisten mau bahas apa, dan selalu bingung sebenarnya apa akan aku tulis untuk mengisi BLOG-ku ini. Uuuhhh cape dech …

www.elmarzuqi.blogspot.com adalah BLOG kenanganku yang diciptakan dari rasa penasaran yang mendalam untuk mengerti bagaimana membuat sebuah ruang inspirasi yang bisa dibaca oleh siapa saja lewat dunia maya. Pemilihan alamat url BLOG-ku dengan kata elmarzuqi terinspirasi oleh keinginanku ketika studi di Perguruan Tinggi bahwa suatu saat aku ingin mempunyai website dengan alamat www.elmarzuqi.com. Kebanggan luar biasa bagku sebagai anak kampung yang katro (meminjam istilah mas Tukul) ketika memiliki alamat situs di internet. Kan bisa cerita ke temen-temen yang sama-sama katro juga di kampung. Jadi gak katro banget kaya’ temen-temenku. Hihihi ….

Then I start my blogging by posting some articles I take from my notes when I was student and also from milis yahoo.groups I joined with. Katanya katro mas? Ko pake bahasa Inggris segala. Itu nanya sama temenku supaya diterjemahin ke bahasa Inggris. Wakakakaka….

Namun hampir 9 bulan-an (kaya’ orang hamil aja yah) BLOG saya ini ditelantarkan begitu saja. Wajah juga jelek, bodi kurus memanjang dan tinggi, apalagi tulisan dalam satu posting kadang buanyak sekali. Jangankan pengunjung yang datang tidak merasa bosan, lah wong aku sendiri sebagai owner malas lihatnya. Tujuh postingan aku pajang di muka dengan konten yang banyak sehingga menjelma seperti kereta api yang puanjang ketika akan melihat postingan yang ada di bawah. Huuuhhh … pokoknya BETE deh ngliatnya. Gariiiing banget.

Awal tahun 2009 adalah sedikit jawaban dari apa yang selama ini aku keluhkan. Bagaimana membuat sebuah BLOG yang tampil ekspresif dan interaktif dengan pengunjung atau BLOGGER yang lain. Setelah istirahat hampir satu tahun aku mulai belajar dengan sungguh-sungguh untuk mengerti bagaimana nge-BLOG yang baik. Akhirnya aku lirik lagi www.elmarzuqi.blogspot.com yang ternyata masih nge-BETE-in kaya’ dulu. Dengan berbekal ilmu dan pengetahuan seadanya selama satu tahun, aku nekad untuk meng-operasi wajah katro-nya (wah ngeri yah sampai operasi gitu) agar bisa tampil seperti BLOG para master yang lain seperti BLOG-nya mas R. Adha ini. Setelah operasi beberapa kali di beberapa rumah sakit ternama akhirnya aku pilih hasil operasi wajah seperti sekarang. BLOG saya dengan dasar hitam dipadukan dengan warna oranye dan hijau pada beberapa tulisan, diharapkan agar pengunjung sedikit hilang rasa BETE-nya. Ada yang bilang bagus, ada juga yang bilang biasa aja tapi Alhamdulillah belum ada yang bilang jelek tuh. Tapi aku penasaran yah mereka bilang bagus untuk memuji saja atau apa? Tapi aku sangat berterima kasih atas sanjungan dan semangat yang diberikan.

Namun tetap saja aku mengalami keluhan. Tau ga’ sobat? Pertama, BLOG-ku terasa berat ketika dibuka. Terutama bagi teman-teman yang mengakses dari WARNET yang koneksinya payah alias lemot. Tapi bagi teman yang koneksi internetnya broadband sih bilang gak masalah. Kedua, sampai saat ini aku bingung tentang postingan apa saja yang akan menghiasi BLOG-ku ini? Harapanku dengan mengikuti kontes ini aku dapat memperoleh banyak masukan dari sobat-sobat BLOGGER lainnya. Dukungan apapun yang sobat berikan adalah suatu kehormatan bagiku untuk terus melangkah maju. Rawe-rawe rantas , malang-malang putung. Thank so much.


2 comments:

  1. wah, moga menang mas, oh eah jgn lupa mampir diblog saia, ada sedikit oleh2, silahkan di ambil

    ReplyDelete
  2. Saya yakin anda pemenangnya,... Semoga

    ReplyDelete

Terima kasih jika Anda bersedia memberikan komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here