Buruknya Layanan Konter-konter HP di Gorontalo - Long Life Education

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Friday, April 24, 2009

Buruknya Layanan Konter-konter HP di Gorontalo

Hemmm … geram rasanya jika kita menemukan suatu pusat perbelanjaan yang para pelayannya tidak ramah dalam melayani para konsumennya. Jangankan menegur untuk menyapa dengan sopan santun para pelanggannya atau senyum simpul (untuk sekedar basa-basi) saja tidak. Huhh ... hati ini kesal dan tidak ada keinginan sama sekali untuk datang lagi ke tempat tersebut. Sabar mas :)

Prolog di atas hanya sekedar untuk mengekspresikan kekesalan saya saja untuk para pemilik konter-konter hand phone di daerah Kota Gorontalo. Ceritanya begini sobat. Dengerin baik-baik yah. Jangan tidur! Hehehe … Sudah tiga tahun saya dari Jakarta tinggal di Gorontalo (September 2006 – sekarang) merasakan pelayanan yang diberikan oleh para pemilik konter-konter hand phone di sini kurang bahkan sangat tidak memuaskan karena memperkerjakan para pelayan yang tidak profesional di bidangnya. Wah galak amat mas ... :)

Kenapa saya sampai bilang begitu karena sebagai konsumen saya merasa kurang bahkan tidak dihargai. Sebagai contoh ketika saya ingin membeli hand phone baru (maklum banyak duit jadi ganti teruzzz :) ) di salah satu konter yang ada, terus menyebutkan jenis dan model hand phone yang dicari. Alamaaakk apa yang terjadi? Pelayan hanya menyodorkan price list hand phone dari yang termurah sampai yang termahal. Ketika ditanya soal kelebihan dan kekurangan hand phone, tersebut mereka tidak membantu saya yang sedang tertarik terhadap hand phone tadi. Finallya, saya tidak jadi beli karena sikap para pelayan yang tidak mengerti barang jajanannya ups … jualannya. :)

Pengalaman kedua saya alami ketika saya ingin membeli nand phone NOKIA 6120 Classic. Saat itu saya ingin model HP tersebut yang warna hitam. Ketika keliling hampir seluruh konter HP di kota Gorontalo untuk mencari model HP tadi, apa yang saya alami sobat?! Penasaran kan? :) Pelayan konter hanya bilang “tidak ada” dengan muka sedang asyik-asyiknya ber-sms ria di HP-nya. Saya dicuekin dengan hanya jawaban singkat “tidak ada” tanpa melihat pelanggan yang sedang bertanya. Kecewa dengan konter yang satu beralihlah ke konter yang lain. Tetapi hampir seluruh konter (meskipun tidak semuanya, karena masih ada beberapa konter yang “lumayan” dalam melayani pelanggannya) di sini memberikan pelayanan yang sangat tidak memuaskan konsumennya.

Awalnya saya memaklumi hal ini karena layanan di Jakarta pasti berbeda dengan di sini. Tapi setelah mengamati cukup lama pelayanan itu tetap tidak banyak berubah. Saya mengira hanya diri saya saja yang mengalami hal demikian. Tetapi orang asli Gorontalo pun merasakan hal yang sama. Teman saya cerita pengalaman istrinya yang tidak jadi membeli Hand phone baru. Pasalnya, ketika di konter HP dan bertanya tentang HP yang dicari tetapi pelayan tidak merespon dan membantunya untuk menerangkan fasilitas apa saja yang terdapat di dalamnya. Dengan rasa kesal dan kecewa akhirnya dia pulang tanpa membawa HP yang diinginkannya. Kaciaaan banget yaahh ... :)

Oleh karena itu para pemilik konter khususnya di kota Gorontalo agar men-training para pelayannya dalam memberikan kepuasan layanan terhadap konsumennya.
Ada beberapa tips nih sebagai masukan untuk meningkatkan layanannya:
1. Tegurlah dengan senyum ramah para pelanggan yang sudah jelas-jelas masuk ke konter Anda meskipun hanya ingin melihat-lihat produk yang dijajakan.
2. Tanyakan apakah ada yang bisa dibantu untuk mencari keperluan yang diinginkan.
3. Jangan pernah ada negative thinking terhadap pelanggan yang hanya ingin melihat-lihat dan sekedar bertanya-tanya tentang produk yang ada. Hal itu tergantung dari cara pelayan menarik dan meyakinkan konsumen bahwa barang yang dijual dikonternya adalah bagus. Meskipun konter yang lain juga menjual barang yang sama.
4. Berikan jawaban-jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan konsumen karena ketidak-tahuannya akan barang yang akan dibeli. Dengan memberikan perihal kelebihannya (yaa sedikit kekurangannya juga) dengan baik, jangankan membeli HP yang harganya murah, HP yang harganya lebih tinggi dari HP yang semula dicari pun akan dibeli dengan keramahan dan keteragan yang meyakinkan bagi konsumen. Iya ga sobat? Iya dunk he he he ... :)
5. Layanan yang baik akan menarik konsumen meskipun harga produk yang dijual sedikit lebih tinggi dari tempat lain.
6. Kasih tambahan tips yang lain ya sobat :) Cari dukungan nih :)

Tulisan ini bukan untuk menjelek-jelekkan, tapi dengan niat tulus ikhlas elmarzuqi memberi saran dan kritikan yang mudah-mudahan bermanfaat. Thanks.


4 comments:

  1. Makasih atas tip'nya kebetulan juga samping rumah ada konter layanan yang dikelola oleh saudara.

    ReplyDelete
  2. Maklumi jo oestad,,,namanya saja gorontalo...kota berkembang,,tp sebentar lagi mau jd seperti bandung,,ya kira2 thn 2020...heheh

    ReplyDelete
  3. harusnya klo yg berbau pelayanan jasa
    kinerja mereka gag sperti itu mas
    huff,,moga aza mereka membaca artikel mas nih

    ReplyDelete
  4. waaah saya sngat kecewa juga pasalnya saya juga pernah jaga counter handphone mas dan sepertinya pelayanan ditempat saya berkerja tepatnya di plaza marina surabaya cukup baik dan profesional
    thanks

    ReplyDelete

Terima kasih jika Anda bersedia memberikan komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here