5.10.2009

Cara Buat Kotak "Email Subscriber"

Seperti gambar yang kamu lihat disebelah kiri adalah sebuah kotak yang berfungsi untuk berlangganan artikel melalui email yang kita masukkan di dalamnya. Dalam tutorial kali ini kita akan belajar bersama bagaimana cara membuat kotak tersebut. Oh ya, perlu dijelasin dulu gak apa fungsi dari form tersebut? Form tersebut fungsinya adalah untuk mempermudah para pembaca blog kita agar bisa berlangganan atau mendapatkan info terbaru postingan blog kita melalui email mereka. Jadi jika ada postingan artikel baru dari si pemilik blog, maka para pelanggan/pembaca yang sudah memasukkan email mereka melalui form tersebut akan secara otomatis mendapatkan kiriman email yang berisi postingan terbaru kita. Kalau anda belum paham, silahkan isikan email anda di kotak email subscriber saya di pojok kanan atas. Selanjutnya rasakan dan nikmatilah ... :)

Dari pada kelamaan langsung saja yuk belajar cara buatnya. Beginilah cara membuat form “Email Subscriber” tersebut:

1. Kunjungi situs ini http://www.feedburner.com
2. Saat pertama kali datang kamu akan langsung disodori kotak untuk mengisikan alamat feed blogmu yang akan dibakar (to be burned)
3. Biasanya alamat feed blog kamu seperti ini http://elmarzuqi.blogspot.com/feeds/posts/default, ganti tulisan elmarzuqi.blogspot.com dengan nama alamat blog kamu.
3. Isikan nama feed blogmu tadi dalam kotak yang disodorkan tersebut, jika blogmu itu isinya hanya video2 maka beri tanda centang pada kotak “I am a podcaster”, jika tidak ya gak usah dicentang dong :) . Kemudian klik tombol “next”
4. Setelah itu kamu akan disodori lagi dengan form pendaftaran. Isikan data-data yang diperlukan di sana. Trus klik tombol “Activate Feed”
5. Nah kalau berhasil nanti akan ada informasi “Congrats! your ...”.
6. Di bawahnya akan ada tombol “Next” dan link “Skip directly to feed management” kali ini pilih yang link “Skip directly to feed management”. Sebenarnya lewat tombol “next” bisa sih tapi biar seru kita lewat jalan lain aja yah :)
7 Kemudian nanti akan ada beberapa menu di bagian atas. Kali ini pilih menu “Publicize”.
8. Setelah itu di sebelah kiri akan muncul beberapa menu. Pilih menu “Email Subscriptions”.
9. Kemudian klik tombol “Activate”
10. Nah setelah itu nanti akan ada beberapa kotak yang berisi kode-kode. Selanjutnya kalau kamu pinginnya yang berbentuk form maka pilih kode yang ada di kotak “Subsciption Form Code”.
11. Copy kode yang ada dalam kotak tadi, trus klik tombol “Save” untuk mengaktifkan layanan tersebut.

Cara memasangnya dah tau belum? Ikuti cara pasangnya yah ... :)

1. Silahkan anda login di blogger.com dan tentunya pake ID anda sendiri dong :)
2. Kalau shudah masuk bagian dashboard.
3. Klik tombol Tampilan/Layout.
4. Selanjutnya Klik tombol Add Widget/Add Gadget.
5. Setelah masuk bagian Penyusunan Sidebar cari Sidebar bagian TEKS HTML. Setelah itu silahkan klik sidebar TEKS tadi dan masukan kode yang anda dapatkan tadi
6. Simpan/Save
7. Finally, Selamat anda sudah belajar bikin "Email Subscriber Form" dari elmarzuqi

1 comment:
Write komentar
  1. nah ini dia yang kucari... gagal mulu sebelumnya. mayan jalan2 ksini dapet tips yang harus langsung dipraktekin :-)

    ReplyDelete

Leave your comment

Google+ Followers

PRchecker.info