6.11.2009

Murid Sekolah California Bersekolah Pakai Buku Digital

Wah selalu lebih maju dunia pendidikan di luar sana ketimbang dunia pendidikan di negeri kita Indonesia yah. Di Amerika sana tepatnya di negera bagian Californi yang dipimpin oleh Gubernur Arnold Schwarzenegger mengumumkan rencana untuk menghapus penggunaan buku teks sekolah secara bertahap. Pasalnya, Schwarzenegger akan menggantikan buku teks konvensional dengan buku digital yang lebih praktis dan efisien. Keren abizzz yah idenya. Murid-muridnya sudah dikenalkan dunia teknologi digital. Huebat yah ….

Dengan demikian anak-anak sekolah di California nantinya tak perlu lagi membawa tas penuh berisi buku-buku yang sangat tebal. Jadi anak-anak gak kecapean gendong tas sampai kelelahan sehingga ketika di ruang kelas mereka siap menerima materi pelajaran dari gurunya.

Melalui program yang dinamakan Digital Textbook Initiative, buku pelajaran mereka akan berubah bentuk menjadi versi digital mulai akhir tahun ini. Demikian yang diutarakan oleh Schwazenegger, seperti dikutip dari AFP, Rabu 10 Juni kemarin.

"Seperti yang kalian ketahui, saat ini kita sudah sangat familiar dengan mendengarkan musik secara digital dan online. Begitu juga dengan menonton TV, film, menggunakan Twitter dan Facebook, semua dilakukan secara online," kata Schwarzenegger.

"Inilah alasannya mengapa saya rasa sangat penting jika kita perlahan-lahan beralih dari buku konvensional," tambahnya.

Schwazenegger menjelaskan, kebijakan ini akan mempermudah siswa sehingga tak perlu membawa begitu banyak buku yang berat di dalam tas mereka.

Buku digital juga akan lebih menghemat biaya karena mereka tak perlu membeli buku-buku mahal setiap kenaikan kelas, namun cukup mengunduh materi pelajaran yang dibutuhkan secara online.

California merupakan yang pertama kali di AS memperkenalkan inisiatif beralih ke buku digital.

"California adalah rumah bagi Silicon Valley. Kita menjadi yang terdepan dalam teknologi dan inovasi, oleh karenanya kita harus yakin bahwa kita bisa melakukan inovasi teknologi yang lebih baik," tandas Schwazenegger.

Kalau di Indonesia ko masih rebut soal Ujian Nasional yah. Malahan Ujian Nasionalnya di ulang lagi. Kapan yah dunia pendidikan kita diperhatikan betul-betul oleh para pemimpin bangsa ini sehingga bisa bersaing dengan negara-negara lain?

3 comments:
Write komentar
  1. Wah, kapan Indonesia begitu ya?

    ReplyDelete
  2. yah kita malumi ja bos, disana sekolah kan gratis kalo sini amat mahal bos, emang gila sekolah disini, lum dapet ilmu ja dah harus bayar daftar ulang, jumlahnya 'ngak sedikit lagi, aduh kapan ya kita bisa sekul gratis gitu health love money and family

    ReplyDelete
  3. Buku digital..bagus itu. Sekalian menerapkan Go Green, buat pelestarian alam.

    The Green Of Our Earth - The Beauty Of Our Earth
    The pleasant Of Our Earth - Preserve Our Nature
    Save Our Earth - Save Our Life - Save Our Future

    ReplyDelete

Leave your comment

Google+ Followers

PRchecker.info