4.04.2013

Perkenalkan TEGAL dengan Karya Lagu



Anda pasti tau kalau ada teman anda yang bilang mau makan di WARTEG. Pikiran anda pasti langsung tertuju kepada daerah TEGAL yang bahasanya "ngapak-ngapak" - kata sebagian banyak orang. :) Yaah, karena TEGAL terkenal dengan WARTEG-nya alias Warung Tegal yang murah tapi meriah. Selain WARTEG, ternyata orang TEGAL juga punya lagu tersendiri yang menggunakan bahasa Tegal. Karya lagu ini memperkanalkan TEGAL sebagai daerah yang perlu dikenal banyak orang, karena suasana dan objek pariwisatanya yang perlu Anda sekalian datangi. Terutama objek wisata Pemandian Air Panas Guci yang berada di kaki gunung Slamet.

Saya punya beberapa lagu asli cah Tegal yang saya dapet dari temen waktu lebaran tahun kemarin. Menurut saya lagu ini bener-bener lucu banget. Saya saja sebagai anak Tegal denger lagu ini bisa ketawa ngakak (ketawa terbahak-bahak).Karena lirik lagunya pake bahasa Tegal semua, yang orang-orang bilang bahasa “nagapak-ngapak” he he he. Ternyata bahasa Tegal kalo dibuat lagu kocaknya bukan main. Orang Tegal aslinya dijamin terpingkal-pingkal deh kalau denger lagu ini. Kocak abizzz siiihh.

Sebagai informasi, lagu-lagu itu memang dibuat oleh orang Tegal yang namanya mas OPHI. Seorang anak muda yang punya kreatifitas tinggi. Dengan peralatan seadanya di Studio Ophinya, dia bisa membuat karya  yang patut untuk diacungi jempol. Saya benar-benar salut sama mas Ophi ini. TOP BANGET DEH!!! Kapan saya bisa mampir ke tempat njenengan mas? :)



Ada dua lagu yang saya dapat dari teman, tapi saya suka banget sama salah satu lagu yaitu lagu yang berjudul “Luruh Ilmu” (Mencari Ilmu). Lagu ini membawa pesan moral bagi anak-anak muda yang harus mau menuntut ilmu sejak usia dini. Selalu belajar agar besar nanti bisa jadi orang pintar yang banyak membawa manfaat bagi orang banyak. Meskipun pesan yang dibawa lagu ini begitu mulia, tapi denger lagu ini benar-benar membuat perut saya eneg menahan ketawa ha ha ha…gokil abizzz.
Ini liriknya (Versi bahasa Tegal) :

Ya ngandel nyong sih ngomong apa
lagi cilik kon sekola ora gelem
ngrasa kajogan barang wis kaplak
wis kaplak…wis kaplak
(2x)

Kiye lagu sing judule luruh ilmu
tinimbang bocahe gering ora lemu
ora kurang banget ora penyakitan
tapi sebabe pancen kakehen pikiran
ya maklum nyong IQ-ne pas-pasan

mulane bocah luruh ilmu temenanan
soale wajib awit seprit sampe mati
presiden nganjurna sekola sampe lanjutan
jarene ora dipungut bayaran
tapi sejen karo ana ning kenyataan

cita-citane dadi guru agama
belajar ngaji esih alif,ba,ta,sa
awit sing Tk nganti sarjana
kon mulang awake dewek be ora bisa

Ya ngandel nyong sih ngomong apa
lagi cilik kon sekola ora gelem
ngrasa kajogan barang wis kaplak
wis kaplak…wis kaplak
(2x)

Kanggo apa sekola dhuwur-dhuwur
yen wis lulus jebule esih nganggur
aja remot ngrongokna suara ngawur
sing ngomong kakehen nonton sinetron si dul

memang bener apa jarene wong
pengen kerja enek nganggo ilmu
tapi ilmu dudu nganggo luruh kerja

luruh ilmu pancen akeh liku liku
luruh kerja juga akeh lika-liku
lika liku cari sekolah
lika liku menjadi kuli

Ya ngandel nyong sih ngomong apa
lagi cilik kon sekola ora gelem
ngrasa kajogan barang wis kaplak
wis kaplak…wis kaplak
(2x)

Yen ilmune duwur wis dijamin makmur
pengin dadi apa wis bbe bisa diukur
asal aja sampe dadi dukun cabul
esih mending dadi dukun sunat
apa luwih apik yen dadi dukun bayi
bayangan rogo tapi olih gaji

Cita-cita boleh setinggi langit
asal aja jaluk ning tempat sing singit
mbokan dadi tumbale para dedemit

Ente bisa dadi apa bae
sing penting ente wis ana ilmune
dadi penyiar kaya DODI SA
pengin dadi penyair kaya API TOLAIRE
Apa dadi dalang kaya Ki enthus susmonoooo

Ya ngandel nyong sih ngomong apa
lagi cilik kon sekola ora gelem
ngrasa kajogan barang wis kaplak
wis kaplak…wis kaplak
(2x)

Luruh ilmu ora usah royal kadal
ora mesti mlebu ning sing formal
sing penting nimba ilmu endah pinter
bocah pinter..bocah pinter mbesuk dadi dokter
bocah bodo…bocah bodo…mbesuk dadi kebo
bocah pinter..bocah pinter mbesuk dadi dokter

Bocah bodo…bocah bodo…mbesuk dadi kebo(3x)
Bocah pinter..bocah pinter mbesuk dadi kebo.(ee..)

Ahahaha….begitu liriknya dalam bahasa Tegal yang medok banget tur ngapak-ngapak. haha…..

Translasi dalam bahasa Indonesianya bisa di download di sini

Hahaha…..kalau di translasikan ke bahasa Indonesia memang agak terkesan aneh ya? Tapi tetep top lah lagu ini. Kalau ada yang pengin download silahkan download Ophi-Luruh Ilmu terus Ophi-Rapper Amatiran 

1 comment:
Write komentar

Leave your comment

Google+ Followers

PRchecker.info