Pilihan Allah Adalah Yang Terbaik - Long Life Education

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Friday, May 09, 2014

Pilihan Allah Adalah Yang Terbaik

Yang terbaik adalah pilihan Allah. Sesungguhnya yang lebih mengetahui tentang kemaslahatan kita adalah pencipta kita. Dia-lah Allah yang telah menciptakan kita dan mengetahui apa yang terbaik untuk kita, Dia mengetahui perkara-perkara gaib di masa depan, Dia-lah Allah SWT. Sebagaimana yang di dalam Al-Qur’an.
“Apakah Allah Yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan atau rahasiakan); dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui?” (QS. Al Mulk: 14)
Terkadang kita merencanakan sesuatu, menurut prasangka dan perkiraan kita, apa yang kita rencanakan adalah yang terbaik bagi diri kita. Kita pun berusaha untuk meraihnya. Namun ternyata kita gagal setelah berusaha, tidak sesuai dengan apa yang kita kehendaki. Atau terkadang ada musibah yang menimpa kita, yang membuyarkan semua yang kita cita-citakan.
Namun ingatlah, kaum muslimin yang dirahmati Allah SWT.
Jika seorang hamba telah berusaha dan telah berdoa, maka hasil akhir yang Allah tetapkan adalah yang terbaik bagi hamba tersebut. Kenapa? Karena yang terbaik adalah pilihan Allah SWT. Allah Ta’ala berfirman,
وَعَسَى أَن تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ
“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu.” (QS. Al-Baqarah: 216)
Kemudian Allah tutup ayat ini dengan kalimat,
وَاللهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لاَ تَعْلَمُونَ
“Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 216)

Dalam ayat yang lain Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,
فَإِن كَرِاهْتُمُوهُنَّ فَعَسَى أَن تَكْرَهُوا شَيْئًا وَيَجْعَلَ اللهُ فِيهِ خَيْرًا كَثِيرًا
“Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.” (QS. An Nisa: 19).
Ada seorang ulama di masa lalu, ia memiliki seorang anak yang sangat berbakti. Bakti sang anak ini sangat luar biasa, hingga membuat orang-orang takjub dengan perbuatannya tersebut. Mereka pun bertanya, apa rahasianya sehingga anak ini bisa begitu berbakti. Ulama tersebut menjawab, ini lantaran saya sangat bersabar menghadapi ibunya.
Ibunya mungkin bukan seorang wanita yang shalehah, mungkin bukan wanita yang begitu diharapkan, akan tetapi karena sabarnya ulama tersebut menghadapi istrinya, lahirlah seorang anak yang begitu berbakti dari rahim istri tersebut. Kalau seandainya ia ceraikan istrinya, mungkin ia tidak mendapatkan anak yang sangat berbakti seperti anaknya saat ini. Ternyata Allah mengharapkan kebaikan yang begitu banyak kepada ulama tersebut dengan lantaran ia bersabar menghadapi istrinya yang tidak begitu shalehah.
Sesungguhnya Allah SWT telah memberikan beberapa contoh di dalam Al-Qur’an, bahwa pilihan Allah adalah yang terbaik, yang terkadang di luar imajinasi kita, di luar dugaan kita, di luar daya hayal kita.
Contohnya seperti kisah Nabi Yusuf ‘alaihissalam. Allah Ta’ala menyebutkan kisah yang sangat luar biasa tentang Nabi Yusuf di dalam Al-Qur’an.
نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ أَحْسَنَ الْقَصَصِ
“Kami kisahkan kepadamu (wahai Muhammad) kisah yang terbaik.” (QS. Yusuf: 3)
Kisah siapa? Kisah Nabi Yusuf. Kisah yang dipenuhi dengan peristiwa-peristiwa yang menakjubkan. Bagaimana Allah SWT memberikan karunia kepada Nabi Yusuf dalam bentuk ujian-ujian. Oleh karenanya kata para ulama terkadang karunia atau anugerah, Allah berikan dalam bentuk ujian. Dan ini yang pernah dialami oleh Nabi Yusuf ‘alaihissalam. Kita tahu bagaimana nanti di akhir kisah Nabi Yusuf menjadi seorang al-aziz, seorang menteri yang mulia, yang dihormati oleh penduduk negeri Mesir. Ternyata kebahagiaanya di akhir diraih dengan rangkaian ujian dan cobaan.
Dari awal kisah, Allah sebutkan dalam surat Yusuf. Diawali dengan hasadnya saudara-saudara Nabi Yusuf terhadapnya, akhirnya ia dipisahkan dari ayahandanya dan dilemparkan ke dalam sumur. Ini ujian yang pertama. Ternyata di masa mendatang ini adalah sebuah anugerah, namun anugerah tersebut akan digapai melalui jalan ujian-ujian.
Kemudian yang kedua. Ada orang yang sedang lewat, lalu ingin mengambil air dari sumur tersebut, ternyata ada anak kecil, Nabi Yusuf ‘alaihissalam. Orang yang menemukan ini, bukan malah menyelamatkan dan membebaskan Nabi Yusuf, malah dia menjadikan beliau seorang budak untuk dijual. Bayangkan! Seorang yang merdeka dijadikan barang dagangan untuk dijual. Ini musibah kedua yang dialami Nabi Yusuf.
Akan tetapi ternyata, tatkala Nabi Yusuf menjadi budak ini, ini adalah langkah menuju kebahagiaan. Nabi Yusuf dibeli oleh pembesar negeri Mesir, kemudian dirawat di istana yang megah, dan akhirnya Nabi Yusuf menjadi seorang pemuda yang sangat tampan. Lalu muncullah musibah berikutnya.
Nabi Yusuf dirayu oleh pemaisuri untuk diajak berzina. Nabi Yusuf menolak sehingga beliau dijebloskan ke dalam penjara. Ini ujian yang ketiga. Bayangkan! Ujian datang setelah ujian. Beliau pun tetap bersabar.
Kemudian setelah beberapa saat di penjara, datanglah dua orang yang ingin ditafsirkan mimpinya. Nabi Yusuf menafsirkan mimpi kedua orang tersbut dengan mengatakan ‘engkau akan dibunuh. Sedangkan engau akan selamat dan menjadi pelayan yang menuangkan minuman untuk sang raja’. Lalu Nabi Yusuf berpesan kepada orang yang akan selamat ini, ‘Jangan lupa engkau sebutkan kebaikan-kebaikanku di sisi sang raja’. Apa maksud Nabi Yusuf? Yaitu apabila sang raja mengetahui bahwasanya Nabi Yusuf adalah orang yang shaleh, yang mampu menafsirkan mimpi, maka Nabi Yusuf akan dibebaskan dari penjara.
Ternyata Allah menakdirkan lain, orang yang telah bebas ini lupa untuk menyebutkan kebaikan-kebaikan Nabi Yusuf di sisi sang raja. Akhirnya, bertambah beberapa tahun lagi Nabi Yusuf harus mendekam di penjara gara-gara orang ini lupa.
Ternyata Allah punya sekenario yang lain. Lupanya orang tersebut ternyata adalah sebuah anugerah.  Sampai kapan? Sampai sang raja sendiri yang bermimpi.
إِنِّي أَرَى سَبْعَ بَقَرَاتٍ سِمَانٍ يَأْكُلُهُنَّ سَبْعٌ عِجَافٌ وَسَبْعَ سُنبُلاَتٍ خُضْرٍ وَأُخَرَ يَابِسَاتٍ
“Sesungguhnya aku bermimpi melihat tujuh ekor sapi betina yang gemuk-gemuk dimakan oleh tujuh ekor sapi betina yang kurus-kurus dan tujuh bulir (gandum) yang hijau dan tujuh bulir lainnya yang kering.” (QS. Yusuf: 43)
Tatkala itu tidak ada seorang pun yang mampu menafsirkan mimpi sang raja, akhirnya ingatlah orang tersebut bahwa Nabi Yusuf mampu menafsirkan mimpi. Ia mengatakan,
وَادَّكَرَ بَعْدَ أُمَّةٍ أَنَا أُنَبِّئُكُمْ بِتَأْوِيلِهِ فَأَرْسِلُونِ
Orang itu teringat (kepada Yusuf) sesudah beberapa waktu lamanya: “Aku akan memberitakan kepadamu tentang (orang yang pandai) mena’birkan mimpi itu, maka utuslah aku (kepadanya).” (QS. Yusuf: 45)
Allah menjadikan orang ini ingat tatkala sang raja langsung yang bermimpi. Nabi Yusuf pun menafsirkan mimpi sang raja dan masyhurlah Nabi Yusuf sebagai seorang yang hebat. Akhirnya Nabi Yusuf pun diangkat menjadi seorang menteri yang mulia.
Lihatlah! Rentetan ujian yang dihadapi Nabi Yusuf ternyata semua itu kesimpulannya adalah anugerah, kesimpulannya adalah karunia, Allah hendak mengangkat Nabi Yusuf sebagai seorang pembesar di negeri Mesir bahkan seorang raja. Tidak hanya itu, dengan lantaran itu Allah Subhanahu wa Ta’ala menakdirkan Nabi Yusuf membawa ayah, ibu, saudara-saudaranya tinggal bersama di negeri Mesir dari kehidupan yang sulit menuju kehidupan yang lapang. Ini adalah anugerah yang sangat luar biasa, walaupun ceritanya tidak seperti yang kita bayangkan. Tidak semua anugerah datang dengan jalan penuh kenikmatan, sebagaimana karunia yang didapatkan Nabi Yusuf harus melewati berbagai ujian.
Demikianlah karunia Allah, terkadang didapatkan dengan penuh kesedihan yang harus dihadapi dengan kesabaran. Takdir dan ketetapan Allah adalah yang terbaik. Allah adalah Maha Bijaksana dalam takdir-Nya, Maha Mengetahui apa yang akan terjadi. Hendaknya kita berbaik sangka terhadap Allah, bukan malah meratapi apa yang kita hadapi. Ingatlah setelah kesulitan itu ada kemudahan.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih jika Anda bersedia memberikan komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here