5.20.2014

Selamat Lulus UN SMA

Akhirnya, hari yang ditunggu-tunggu tiba juga. Sesuai jadwalnya, hari ini adalah hari pengumuman hasil ujian nasional (UN) tingkat SMA/sederajat. 

Jika kamu bagian dari 1.624.946 siswa SMA dan 1.170.748 siswa SMK yang lulus UN, Selamat Yah! Tapi inget lho ... setelah ini, masih ada berbagai seleksi masuk Perguruan Tinggi yang harus dikejar. Sebagian dari kamu mungkin memilih langsung bekerja atau mengerjakan rencana lainnya. 

Kamu yang lulus juga sebaiknya tidak perlu meluapkan kegembiraan secara berlebihan. Bahkan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengingatkan, siswa yang dinyatakan lulus sebaiknya tidak melakukan aksi corat-coret. Inget tuh tradisi corat-coret bukan ciri dari pelajar Indonesia. Masih bermanfaatkan kalo baju sekolah yang kamu pakai disumbangkan ke anak-anak sekolah yang kurang mampu. Dari pada dicorat-coret ga bisa dimanfaatin. Sayang banget kan!

"Saya himbau, putuskanlah tradisi itu. Jangan terbiasa dengan tradisi-tradisi yang penuh kemubaziran (kesia-siaan)," ujar M. Nuh ketika memaparkan hasil UN SMA/sederajat 2014 di di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), kemarin. 

Sebaliknya, jika kamu termasuk 7.811 siswa SMA dan 1.159 siswa SMK yang tidak lulus UN, enggak perlu berkecil hati dan larut dalam kesedihan. Karena masa depan yang gemilang tidak akan terputus hanya karena gak lulus UN. Agustus mendatang, kamu masih bisa mengikuti ujian kelompok belajar (Kejar) paket C. 

Masih ada waktu untuk mempersiapkan diri lagi. Dan perlu diketahui, hasil UN melalui kejar paket C juga bisa digunakan untuk melamar ke kampus idaman. 

"Oleh karena itu, tidak boleh putus asa, tetap semangat!" imbuh Nuh.


Sumber: Okezone

No comments:
Write komentar

Leave your comment

Google+ Followers

PRchecker.info