4.08.2015

Hasil UN Jadi Ukuran Indeks Integritas Sekolah

Semua sekolah akan melaksanakan Ujian Nasional Tahun 2015. Untuk SMA/MA/SMK akan dilaksanakan pada tanggal 13-16 April 2015. Ada perbedaan signifikan untuk UN tahun 2015. Salah satu diantaranya adalah nilai UN tidak menentukan kelulusan siswa pada satua pendidikan tersebut.

Meskipun Ujian nasional (UN) kini bukan standar utama kelulusan siswa, namun UN akan menjadi alat ukur dalam menghitung indeks integritas sekolah. Indeks tersebut akan memperlihatkan seberapa jujur sekolah dalam melaksanakan UN.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, pendidikan bukan hanya bicara komponen akademis, tapi juga integritas. Intinya, jika sekolah ingin berwibawa, UN harus dilakukan dengan jujur.

“Indeks integritas sekolah dalam melaksanakan UN akan diberikan kepada sekolah dan Pemda. Khusus untuk SMA sederajat disampaikan ke PTN,” kata Anies dalam keterangan persnya, Selasa (6/4) yang dikutip oleh JPNN.

Dia menambahkan, kementerian memiliki data pelaksanaan UN yang lengkap setiap tahun. Data inilah yang dipakai dalam mengukur indeks integritas. Anies mengakui, indeks integritas yang didapatkan dari UN ini tidak bisa mengukur semua aspek integritas.


Namun, dari indeks integritas ujian ini setidaknya bisa mencerminkan pola kejujuran sekolah ketika melaksanakan ujian. Anies mencontohkan, sekolah yang mendapat indeks integritas 85. Bisa disimpulkan bahwa di sekolah tersebut sudah terjadi kecurangan 15 persen.

No comments:
Write komentar

Leave your comment

Google+ Followers

PRchecker.info