5.03.2015

Obat Herbal di Indonesia Berpotensi Luar Biasa


Back to nature. Slogan yang kini mungkin manjadi tren untuk masyarakat kita yang ingin kembali ke sifat-sifat alam. Dalam hal penggunaan bahan obat-obatan untuk kesehatan yang banyak diambil dari bahan-bahan natural. Obatan-obatan inilah yang dikenal oleh banyak orang sebagai obat-obatan herbal.

Di Indonesia obat herbal memiliki potensi yang sangat besar. Seperti yang dikatakan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemenkes Tjandra Yoga Aditama bahwa potensi obat herbal di Indonesia luar biasa.

Obat herbal, kata Tjandra, perlu dikembangkan agar masyarakat mempunyai pilihan untuk memakai obat herbal atau obat kimia.

Apalagi saat ini Kemenkes sedang menggalakkan minum jamu di masyarakat, jadi kebijakan untuk menggalakkan obat herbal sudah sejalan.

Pemerintah, terang dia, sudah melakukan riset tanaman obat dan jamu dengan menginventarisasi 15.773 ramuan dari 209 suku bangsa. Selain itu juga mengidentifikasi 1.740 spesies tanaman obat dari 13.576 nama daerah tanaman obat. 

Tjandra juga berharap penelitian terkait tanaman obat banyak dikembangkan oleh universitas."Perguruan tinggi harus semakin sering melakukan riset tentang tanaman obat sebab potensi obat herbal di Indonesia luar biasa,"katanya.


Sumber: Republika

1 comment:
Write komentar

Leave your comment

Google+ Followers

PRchecker.info