3.01.2009

Lagu Asli Tegal-Kocak Abizzz ...

Anda pasti tau kalau ada teman anda bilang mau makan di WARTEG. Asosiasi pikiran anda pasti tertuju kepada daerah TEGAL yang bahasanya "ngapak-ngapak" - kata sebagian banyak orang. :) Yaah, karena TEGAL terkenal dengan WARTEG-nya alias Warung TEgal yang murah tapi meriah. Selain WARTEG, ternyata orang TEGAL juga punya lagu tersendiri yang menggunakan bahasa Tegal.

Saya punya beberapa lagu asli cah Tegal yang saya dapet dari temen waktu lebaran tahun kemarin. Menurut saya lagu ini bener-bener lucu banget. Saya saja sebagai anak Tegal denger lagu ini bisa ketawa ngakak (ketawa terbahak-bahak).Karena lirik lagunya pake bahasa Tegal semua, yang orang-orang bilang bahasa “nagapak-ngapak” he he he. Ternyata bahasa Tegal kalo dibuat lagu kocaknya bukan main. Orang Tegal aslinya dijamin terpingkal-pingkal deh kalau denger lagu ini. Kocak abizzz siiihh.

Sebagai informasi, lagu-lagu itu memang dibuat oleh orang Tegal yang namanya OPHI. Gak tahu juga sih siapa dia. Tapi saya benar-benar salut sama si empunya lagu ini. TOP BANGET DEH!!! Pengen ketemu nih jadinya sebagai fans. :)

Ada tiga lagu yang saya dapat dari teman, tapi saya suka banget sama salah satu lagu yaitu lagu yang berjudul “Luruh Ilmu” (Mencari Ilmu). Lagu ini membawa pesan moral bagi anak-anak muda yang harus mau menuntut ilmu sejak usia dini. Selalu belajar agar besar nanti bisa jadi orang pintar yang banyak membawa manfaat bagi orang banyak. Meskipun pesan yang dibawa lagu ini begitu mulia, tapi denger lagu ini benar-benar membuat perut saya eneg menahan ketawa ha ha ha…gokil abizzz.
Ini liriknya (Versi bahasa Tegal) :

Ya ngandel nyong sih ngomong apa
lagi cilik kon sekola ora gelem
ngrasa kajogan barang wis kaplak
wis kaplak…wis kaplak
(2x)

Kiye lagu sing judule luruh ilmu
tinimbang bocahe gering ora lemu
ora kurang banget ora penyakitan
tapi sebabe pancen kakehen pikiran
ya maklum nyong IQ-ne pas-pasan

mulane bocah luruh ilmu temenanan
soale wajib awit seprit sampe mati
presiden nganjurna sekola sampe lanjutan
jarene ora dipungut bayaran
tapi sejen karo ana ning kenyataan

cita-citane dadi guru agama
belajar ngaji esih alif,ba,ta,sa
awit sing Tk nganti sarjana
kon mulang awake dewek be ora bisa

Ya ngandel nyong sih ngomong apa
lagi cilik kon sekola ora gelem
ngrasa kajogan barang wis kaplak
wis kaplak…wis kaplak
(2x)

Kanggo apa sekola dhuwur-dhuwur
yen wis lulus jebule esih nganggur
aja remot ngrongokna suara ngawur
sing ngomong kakehen nonton sinetron si dul

memang bener apa jarene wong
pengen kerja enek nganggo ilmu
tapi ilmu dudu nganggo luruh kerja

luruh ilmu pancen akeh liku liku
luruh kerja juga akeh lika-liku
lika liku cari sekolah
lika liku menjadi kuli

Ya ngandel nyong sih ngomong apa
lagi cilik kon sekola ora gelem
ngrasa kajogan barang wis kaplak
wis kaplak…wis kaplak
(2x)

Yen ilmune duwur wis dijamin makmur
pengin dadi apa wis bbe bisa diukur
asal aja sampe dadi dukun cabul
esih mending dadi dukun sunat
apa luwih apik yen dadi dukun bayi
bayangan rogo tapi olih gaji

Cita-cita boleh setinggi langit
asal aja jaluk ning tempat sing singit
mbokan dadi tumbale para dedemit

Ente bisa dadi apa bae
sing penting ente wis ana ilmune
dadi penyiar kaya DODI SA
pengin dadi penyair kaya API TOLAIRE
Apa dadi dalang kaya Ki enthus susmonoooo

Ya ngandel nyong sih ngomong apa
lagi cilik kon sekola ora gelem
ngrasa kajogan barang wis kaplak
wis kaplak…wis kaplak
(2x)

Luruh ilmu ora usah royal kadal
ora mesti mlebu ning sing formal
sing penting nimba ilmu endah pinter
bocah pinter..bocah pinter mbesuk dadi dokter
bocah bodo…bocah bodo…mbesuk dadi kebo
bocah pinter..bocah pinter mbesuk dadi dokter

Bocah bodo…bocah bodo…mbesuk dadi kebo(3x)
Bocah pinter..bocah pinter mbesuk dadi kebo.(ee..)


Ahahaha….begitu liriknya dalam bahasa Tegal yang medok banget tur ngapak-ngapak. haha…..

Translasi dalam bahasa Indonesianya begini:

Tuh kan bener,aku bilang apa
waktu kecil gak mau sekolah
menyesal ketida sudah kaplak(besar)
sudah kaplak..sudah kaplak
(2x)

Ini lagu yang judulnya luruh ilmu
daripada bocah kurus gak gendut
nggak kurang dan nggak penyakitan
tapi karena kebanyakan pikiran
Ya, maklum aku Id-nya pas-pasan

Makanya bocah mencari ilmu yang benar
soalnya wajib dari lahir sampai mati
presiden menganjurkan sekolah sampai lanjutan
katanya tidak dipungut biaya
tapi beda dengan kenyataan

Cita-citanya jadi guru agama
belajar ngaji masih alif,ba,ta,tsa
sejak TK sampai sarjana
Mengajar dirinya sendiri gak bisa

Tuh kan bener,aku bilang apa
waktu kecil gak mau sekolah
menyesal ketida sudah kaplak(besar)
sudah kaplak..sudah kaplak
(2x)

Buat apa sekolah tinggi-tinggi
kalau sudah lulus ternyata masih nganggur
Yang ngomong kebanyakan nonton sinetron si dul
kanggo apa sekola dhuwur-dhuwur
yen wis lulus jebule esih nganggur
jangan remot mendengarkan suara ngawur
sing ngomong kakehen nonton sinetron si dul

Memang benar kata orang
Ingin kerja enak dengan ilmu
tapi ilmu bukan untuk cari kerja

Mencari ilmu penuh lika-liku
mencari kerja juga penuh lika-liku
Tuh kan bener,aku bilang apa
waktu kecil gak mau sekolah
menyesal ketida sudah kaplak(besar)
sudah kaplak..sudah kaplak

Tuh kan bener,aku bilang apa
waktu kecil gak mau sekolah
menyesal ketida sudah kaplak(besar)
sudah kaplak..sudah kaplak
(2x)

Kalau ilmunya tingggi sudah dijamin makmur
ingin jadi apa aja sudah bisa diukur
asal jangan jadi dukun cabul
lebih baik jadi dukun sunat
atau lebih baik jadi dukun bayi
melihat tubuh tapi dapet duit

Cita-cita boleh setinggi langit
asal jangan minta di tempat yang singit(angker)
nanti jadi tumbalnya dedemit

Ente bisa jadi apa saja
yang penting ente sudah punya ilmu
jadi penyiar kaya DODI SA
ingin jadi penyair kaya API TOLAIRE
atau jadi dalang kaya ki enthus susmonoo

Tuh kan bener,aku bilang apa
waktu kecil gak mau sekolah
menyesal ketida sudah kaplak(besar)
sudah kaplak..sudah kaplak
(2x)

Mencari ilmu gak usah royal kadal
tidak harus masuk ke yang formal
yang penting menimba ilmu agar pintar

Bocah pinter..bocah pinter besok jadi dokter
bocah bodo…bocah bodoh…besok jadi kerbau
bocah pinter..bocah pinter besok jadi dokter

Bocah bodo…bocah bodoh…besok jadi kerbau(3x)
bocah pinter..bocah pinter besok jadi kerbau.(ee..)


Ket: kaplak= sudah besar tak sekolah atau sering tak naik kelas (bodoh)


Hahaha…..kalau di translasikan ke bahasa Indonesia memang agak terkesan aneh ya? Tapi tetep top lah lagu ini. Kalau ada yang pengin download silahkan download di elmarzuqi1 di elmarzuqi2 dan di elmarzuqi3

10 comments:
Write komentar
  1. haha... Di download aja dah kyknya seru tuh..

    Izin download ya..

    ReplyDelete
  2. iya sok atuh maz, hati2 yh ktawanya :)

    ReplyDelete
  3. lbih lucu klo p'icam yg nyanyi
    ya, g'? ya, g'?

    ReplyDelete
  4. izin download : bapakee..

    ReplyDelete
  5. Hasan farkhani : Lagu itu lagu temen gue orang dari desa gembong wetan tegal.

    ReplyDelete
  6. syair karo musike apik tenan...suwun yo...

    ReplyDelete
  7. agung herdianto : waktu itu aku perjalanan dr blitar mau ke bandung lwt selatan, di spbu daerah banyumas ngrukoke radio sekitar, enek lagu agak jorok (bhs jowo tegal)dg lirik "di demok empuk nang tengah2 enek ireng2e...." tlg yo bapake carikan lagune...krn aku kolektor lagu jorok, lucu, aneh...matur nuwun.

    ReplyDelete
  8. kemuatn lagutehalna dadi pengin balik kampung

    ReplyDelete
  9. ana lagu ratu gendut kota tegal ra len..
    Njaluk ya kna owh..

    ReplyDelete

Leave your comment

Google+ Followers

PRchecker.info