4.10.2009

Kanker Akibat Minuman Panas

Saat hujan seperti akhir-akhir ini paling nikmat bersantai ditemani minuman panas seperti teh atau kopi panas. Namun, ingat sobat! Ternyata penyakit kanker dapat ditimbulkan dari meminum air panas lho... Gak percaya? Peneliti dari Iran menyarankan agar sobat sekalian agar membiarkan minuman yang panas tadi mendingin terlebih dahulu sebelum meminumnya. Kita simak bareng yuk laporannya.

Para peneliti dari Iran menyatakan bahwa meminum minuman yang terlalu panas dapat menyebabkan kanker esofagus atau kerongkongan. Sebelumnya juga telah dilakukan penelitian yang menghubungkan rokok dan alkohol dengan kanker pada daerah yang sama.

Menurut peneliti, minuman panas yang dapat menimbulkan resiko terjadinya kanker adalah minuman panas dengan suhu lebih besar dari 70 derajat Celcius (158 F). Minuman dengan suhu ini dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker sebesar 8 kali lipat dibandingkan dengan minuman hangat dengan suhu lebih rendah dari 65 derajat Celcius.

Reza Malekzadeh dan rekan-rekannya dari Tehran University of Medical Sciences, meneliti kebiasaan meminum teh dari 300 orang dengan kanker esofagus dan 571 orang sehat yang tinggal di daerah propinsi Golestan di Iran utara.

Daerah ini ternyata merupakan salah satu daerah yang paling sering terjadi kasus kanker esofagus di dunia, namun dengan konsumsi rokok dan alkohol yang rendah. Hampir semua orang yang diteliti di sini meminum teh hitam setiap hari, dengan rata-rata lebih dari 1 liter setiap harinya.

Kanker esofagus telah membunuh lebih dari 500.000 orang tiap tahunnya di seluruh dunia dengan jumlah yang paling besar terdapat pada populasi Asia, Africa, dan Amerika Selatan. Tumor ini biasanya mematikan dengan angka rata-rata bertahan hidup 5 tahun sebesar 12 sampai 31 persen.

Wah ... bisa begitu yah ternyata? Makanya setelah membaca artikel di atas mudah-mudahan kita semua bisa bertambah pengetahuan tentang kesehatan. So, keep healthy.

Source: gigi sehat badan sehat

1 comment:
Write komentar

Leave your comment

Google+ Followers

PRchecker.info