5.03.2015

Banyak Tanaman di Indonesia Berpotensi Menjadi Bahan Obat


Indonesia memang negara yang subur makmur loh jinawi. Sampai-sampai Koes Plus dalam lirik lagu “Kolam Susu” menyebutkan “Orang bilang tanah kita tanah surge,Tongkat kayu dan batu jadi tanaman. Yah … itulah negeri kita tercinta Indonesia.

Lebih dari 90.000 jenis tanaman tumbuh di Indonesia, namun hanya terdapat 9.600 yang terindetifikasi bisa menjadi tanaman obat. 

Guru besar Institut Pertanian Bogor (IPB) Nuri Andarwulan mengatakan kepada Republika, Rabu (23/4) bahwa hal ini bisa menjadi aset dan menumbuhkan prekonomian nasional.

Ia menyebutkan, spesies sayuran yang berasal dari berbagai daerah Indonesia ternyata mengandung komponen bioaktif. Komponen tersebut terdiri dari senyawa non-gizi, vitamin, dan mineral.

Varian sayuran dengan klasifikasi tersebut seperti kenikir, beluntas, mangkokan, antanan, kemangi, kolesom, pakis, bunga duri, tangkokak, terubuk, kelor,dan daun labu siam. Dari sekian jenis sayuran menurut dia yang lagi hot, isunya adalah daun kelor, karena sifatnya tahunan dan sulit untuk dibudidayakan.

Dia juga menerangkan pucuk mete dan kelor ternyata mengandung vitamin C di atas kandungan vitamin serupa dalam jeruk.


Sumber: Republika

No comments:
Write komentar

Leave your comment

Google+ Followers

PRchecker.info