5.02.2015

Tahukan Anda tentang Google Doodle?



Kita sering melihat wajah halaman muka Google ditampilkan dengan wajah tokoh-tokoh penting. Beberapa tahun ini mungkin pengunjung Google melihat animasi-animasi dengan sesuatu yang mengingatkan pengguna internet akan suatu hal penting yang pernah terjadi di masa lampau. Gambar dan animasi inilah yang kemudian dikenal umum sebagai Google Doodle.

Google Doodle dirancnag untuk memperingati peristiwa tertentu atau kejadian tertentu. Seperti hari ini, Google Doodle menampilkan tokoh Pendidikan Nasional Indonesia, Ki Hajar Dewantara. Beliau adalah tokoh pendidikan nasional yang selalu dikenang jasa-jasanya sehingga setiap tanggal 2 Mei selalu diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Orang di Balik Google Doodle
Siapakah orang di balik pembuatan Google Doodle? Adalah Ryan Germick, kepala tim Google Doodle yang berkantor di California. Tugas utama Germick adalah mengkordinir 10 seniman dan empat orang insinyur serta dua produser yang berkordinasi dengan 100 orang di seluruh dunia untuk memastikan proses pembuatan Doodle bisa berjalan dengan mulus.

Lahir dan besar di sebuah pedesaan di Indiana, Germick begitu jatuh cinta dengan seni dan komik. Dia lalu belajar ilustrasi dan menulis kreatif di New York sebelum menghabiskan waktu untuk belajar melukis di Tamil, India bagian selatan pada tahun 2000-an. Di sanalah dia pertama kalinya membuat website untuk membagi foto yang dia jepret dengan kamera merek Sony.

"Ini adalah pertama kalinya saya menyadari kekuatan teknologi, jauh sebelum Flickr dan sosial media eksis seperti sekarang," kata dia seperti dikutip The Telegraph.

Semasa sekolah dulu, dia sangat tertarik dengan komputer. Ketika tinggal di New York, dia memiliki satu kamar kecil yang khusus digunakan untuk menyimpan alat-alat lukis. Dia begitu tergila-gila dengan komputer. Setelah lulus sekolah, dia pindah ke California dan bekerja untuk Goodle. Tahun 2006, dia ditempatkan di bagian design di bawah bimbingan Dennis Hwang, pembuat Doodler pertama.

Google Doodle resmi muncul di situs pada tahun 1998 dengan gambar sebuah tongkat yang mewakili festival Burning Man. Tidak ada tim Doodle resmi hingga tahun 2009. Secara bertahap, Doodle berevolusi dari gambar yang statis hingga akhirnya bisa memunculkan animasi. Germick pertama kali membuat Doodle pada tahun 2010.
Tim Google Doodle saat ini memproduksi 400 Doodles setiap tahun. Sekitar 50-100 merupakan animasi, dan 12 doodle akan dibentuk super interaktif.


Sumber: Republika

1 comment:
Write komentar

Leave your comment

Google+ Followers

PRchecker.info