PENERIMAAN MAHASISWA BARU
PROGRAM DIPLOMA I KEUANGAN DAN DIPLOMA III KEUANGAN
SEKOLAH TINGGI AKUNTANSI NEGARA (STAN) TAHUN AKADEMIK 2013/2014
DALAM RANGKA REKRUTMEN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL GOLONGAN II
DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN KEUANGAN
PROGRAM DIPLOMA I KEUANGAN DAN DIPLOMA III KEUANGAN
SEKOLAH TINGGI AKUNTANSI NEGARA (STAN) TAHUN AKADEMIK 2013/2014
DALAM RANGKA REKRUTMEN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL GOLONGAN II
DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN KEUANGAN
Kementerian
Keuangan Republik Indonesia akan menerima putra dan putri Warga Negara
Indonesia untuk mengikuti pendidikan pada Sekolah Tinggi Akuntansi Negara
(STAN) dengan pilihan program sebagai berikut:
- Program
Diploma I Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
- Program
Diploma I Keuangan Spesialisasi Pajak
- Program
Diploma III Keuangan Spesialiasi Akuntansi
- Program
Diploma III Keuangan Spesialiasi Kepabeanan dan Cukai
- Program
Diploma III Keuangan Spesialiasi Pajak
- Program
Diploma III Keuangan Spesialiasi Penilai
- Program
Diploma III Keuangan Spesialiasi Kebendaharaan Negara
- Program
Diploma III Keuangan Spesialiasi Pengurusan Piutang dan Lelang Negara
A.
SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN
- Berijazah
Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) atau yang sederajat untuk semua
bidang keahlian / jurusan.
- Nilai
rata-rata ujian tulis pada ijazah atau ijazah sementara / SKL / SKHU (bagi
lulusan tahun 2013 yang pada saat pendaftaran belum memperoleh ijazah)
tidak kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol) dan nilai tersebut bukan hasil
pembulatan.
- Usia
berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah tidak kurang dari 17
tahun pada tanggal 30 September 2013 dan tidak lebih dari 20 tahun pada
tanggal 1 September 2013.
- Berbadan
sehat, tidak cacat badan, dan bebas dari narkoba (narkotika dan obat
terlarang).
- Belum
menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
- Khusus
Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai ditambahkan persyaratan sebagai berikut:
- Untuk
Program Diploma I:
- Laki-laki
tinggi badan minimal 165 cm;
- Perempuan
tinggi badan minimal 155 cm;
- Untuk
Program Diploma III:
- Berjenis
kelamin Laki-laki dengan tinggi badan minimal 165 cm;
- Tidak
buta warna;
- Bagi
yang memiliki mata minus, tingkat minus mata yang diperbolehkan maksimal
adalah minus 2.
- Menyetor
biaya pendaftaran USM sebesar Rp150.000,00 (seratus lima puluh ribu
rupiah).
B.
TATA CARA PENDAFTARAN
- Tahapan
pendaftaran meliputi:
- penyetoran
biaya pendaftaran;
- pengisian
formulir pendaftaran online (e-registrasi); dan
- verifikasi
berkas dan pengambilan Bukti Peserta Ujian (BPU).
- Calon
peserta yang akan melakukan pengisian formulir pendaftaran online
(e-registrasi) wajib melakukan penyetoran biaya pendaftaran terlebih
dahulu melalui No rekening : 101-000-665-043-4
Bank : Mandiri Cabang Bintaro Atas Nama : Bendahara Administrasi Keuangan BLU STAN Dana Kelolaan BLU dengan ketentuan sebagai berikut: - periode
penyetoran adalah tanggal 7 Juni s.d. 20 Juni 2013;
- setoran
dapat dilakukan melalui bank umum;
- bukti
setor harus diisi dengan nama lengkap (sesuai ijazah) calon peserta
ujian;
- panitia
tidak menerima bukti setor kolektif;
- bukti
setor harus disahkan / divalidasi petugas bank (tidak melalui ATM, Phone
Banking, Internet Banking, dan lain-lain);
- penyetoran
biaya pendaftaran dinyatakan sah / valid apabila dilakukan pada rekening
yang tertera di atas;
- sebelum
melakukan pembayaran, calon peserta harus memastikan dirinya telah
memenuhi seluruh persyaratan sebagaimana tercantum dalam butir A, dan
uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali dengan alasan apa
pun.
- Pengisian formulir pendaftaran online (e-registrasi) melalui situs http://usm.stan.ac.id, pada tanggal 10 s.d. 20 Juni 2013.
- Pengumuman
jadwal verifikasi berkas dan pengambilan BPU bagi calon peserta ujian
dapat dilihat di situs http://www.kemenkeu.go.id, http://www.bppk.kemenkeu.go.id,
dan http://www.stan.ac.id pada
tanggal 23 Juni 2013.
- Calon
peserta melakukan verifikasi berkas dan pengambilan sendiri BPU di lokasi
ujian sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dengan ketentuan:
- calon peserta datang sendiri / tidak dapat diwakilkan
- menyerahkan hasil cetak Bukti Pendaftaran Online (BPO) yang telah diisi secara lengkap dan ditempel pasfoto studio berwarna terbaru ukuran 4 x 6 cm (berlatar belakang merah dan mengenakan kemeja putih);
- menyerahkan satu lembar fotokopi ijazah atau ijazah sementara / SKL/ SKHU (bagi lulusan tahun 2013 yang pada saat pendaftaran belum memperoleh ijazah) yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah / pejabat yang berwenang;
- menyerahkan bukti setor bank yang asli;
- menyerahkan pasfoto yang sama dengan yang ditempel pada hasil cetak Bukti Pendaftaran Online (BPO) ukuran 4 x 6 cm sebanyak 3 lembar
- menunjukkan bukti diri asli yang berfoto (ijazah / KTP / SIM / Paspor / SKCK) yang masih berlaku.
- calon peserta tidak dapat mengajukan perubahan lokasi verifikasi berkas, pengambilan BPU, dan pelaksanaan ujian.
- Pendaftar
yang tidak memenuhi ketentuan butir 1 s.d. 5 di atas tidak akan dilayani
dan dianggap gugur.
C.
PELAKSANAAN UJIAN
- Ujian akan
dilaksanakan dengan sistem gugur yang terdiri atas:
- Tes
Tertulis (Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris) tanggal 21 Juli
2013
- Tes
Kesehatan-Kebugaran dan Wawancara tanggal 14 s.d. 24 Agustus 2013.
Peserta diharapkan mempersiapkan diri, berlatih, dan berolahraga sebelum
pelaksanaan Tes Kesehatan-Kebugaran.
- Tes
Tertulis dilaksanakan secara serentak di seluruh lokasi ujian mulai jam
08.30 WIB / 09.30 WITA / 10.30 WIT.
- Pada saat
ujian peserta harus membawa:
- BPU,
ijazah atau kartu identitas diri asli yang berfoto (KTP / SIM / Paspor /
SKCK) yang masih berlaku;
- pensil
2B, penghapus, ballpoint, dan perlengkapan ujian lain yang diperlukan.
- Peserta
ujian yang tidak hadir dan / atau tidak mampu menempuh ujian dengan alasan
apapun pada waktu, hari, tanggal, dan tempat yang telah ditentukan dinyatakan
gugur.
D.
PENGUMUMAN HASIL UJIAN
- Hasil
ujian akan diumumkan sebagai berikut:
- Tes
Tertulis tanggal 2 Agustus 2013;
- Tes
Kesehatan-Kebugaran dan Wawancara tanggal 5 September 2013
- Pengumuman
hasil tes dapat dilihat di tempat pengambilan BPU atau pada situshttp://www.kemenkeu.go.id,http://www.bppk.kemenkeu.go.id, dan http://www.stan.ac.id.
E.
PENDIDIKAN
- Lama
pendidikan untuk Program Diploma I adalah dua semester. Mahasiswa yang
tidak memenuhi syarat kelulusan pada tiap akhir semester akan dikeluarkan
dari pendidikan.
- Lama
pendidikan untuk Program Diploma III adalah enam semester. Mahasiswa yang
tidak memenuhi syarat kelulusan pada tiap akhir semester akan dikeluarkan
dari pendidikan.
- Pendidikan
Program Diploma I Keuangan dan Program Diploma III Keuangan
diselenggarakan di Kampus STAN, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Keuangan,
dan/atau Balai Diklat Keuangan di seluruh Indonesia.
- Mahasiswa
tidak dipungut biaya kuliah selama mengikuti pendidikan.
- Lulusan
Program Diploma I dan Diploma III Keuangan STAN akan diangkat menjadi Calon
Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Keuangan atau
instansi pemerintah lainnya baik di pusat maupun di daerah sesuai dengan
formasi yang tersedia pada tahun yang bersangkutan dan lulus tes yang
dipersyaratkan untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) berdasarkan
peraturan perundang-undangan yang berlaku.
F.
LAIN-LAIN
- Semua
biaya (transaksi bank, transportasi, pemondokan, dan lain-lain) yang
dikeluarkan dalam rangka mendaftarkan diri dan mengikuti ujian menjadi
tanggungan peserta.
- Dalam
proses penerimaan mahasiswa ini, tidak diadakan surat-menyurat dan tidak
ada dispensasi dalam bentuk apa pun.
- Kelulusan
peserta adalah prestasi peserta sendiri. Jika ada pihak-pihak yang
menjanjikan kelulusan dengan motif apa pun, maka hal tersebut merupakan
tindakan penipuan dan diluar tanggung jawab panitia.
- Keputusan
panitia penerimaan mahasiswa baru tidak dapat diganggu gugat.
- Apabila
peserta ujian memberikan keterangan atau data yang tidak benar, dan
dikemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan tes/ujian, maupun
setelah menjadi mahasiswa, Kementerian Keuangan berhak membatalkan
kelulusan USM dan/atau mengeluarkan yang bersangkutan dari pendidikan.
- Apabila
terdapat informasi yang dianggap kurang jelas atau terdapat masalah yang
terkait dengan proses pendaftaran, calon peserta dapat menghubungi Panitia
Pelaksana Pusat USM STAN melalui e-mail: usm@stan.ac.id, dan
twitter: @usmstan pada hari dan jam kerja.
Untuk
Informasi lebih lanjut, silahkan berkunjung ke website: www.stan.ac.id.
No comments:
Post a Comment
Terima kasih jika Anda bersedia memberikan komentar